Sabtu, 15 Februari 2020

Khsiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Jeruk



Khasiat dan manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Khsiat jeruk nipis bagi kesehatan jeruk
Khasiat dan manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan, Jeruk bukan buah aneh di dalam kehidupan insan semenjak ribuan tahun lalu. Walau dari 1.300 jenis jeruk yang diketahui berbentuk perdu atau pohon, hanya beberapa puluh jenis yang sudah dibudidayakan alasannya ialah mempunyai nilai ekonomi tinggi, sisanya masih tumbuh secara liar atau dimanfaatkan sebagai flora pembatas tanah atau flora pengisi lahan kosong.

Dalam kehidupan sehari-hari, jenis-jenis jeruk menyerupai jeruk keprok, jeruk manis, jeruk sitrun, jeruk besar, jeruk sambal, jeruk purut, jeruk nipis, jeruk madarin, jeruk siem, jeruk sunkiest, serta sederet nama lainnya lagi berperan sangat banyak.

Akan tetapi, dari segi manfaatnya, satu pun tidak ada yang menyamai atau melebihi jeruk nipis (Citrus aurantium). Karena hampir pada semua ramuan obat ataupun ramuan kecantikan tradisi di Indonesia, nama jeruk nipis, apakah air buahnya hingga ke daunnya, umum tercantum sebagai salah satu ramuan.

Kalau masyarakat Belanda, terutama yang berdiam di kota-kota besar menyerupai Amsterdam, Den Haag, Rotterdam, Wageningen, dsb. banyak yang sudah mengenal manfaat jeruk nipis, terutama air buahnya. Itu mungkin alasannya ialah pengalaman mereka sekian ratus tahun menjajah Indonesia sehingga banyak dari pengetahuan tradisi di bidang pengobatan ataupun manfaat lainnya, kemudian dibawa pulang, atau dijadikan materi untuk buku-buku yang jumlahnya sangat banyak yang terkait dengan kekayaan alam Indonesia.

Begitu pula masyarakat lainnya, khususnya di Amerika Serikat, juga mulai banyak yang mengenal manfaat jeruk nipis. Hal itu mungkin alasannya ialah membaca topik terkait atau juga alasannya ialah sudah pernah mencobanya.

Seperti di lingkungan Ohio State Biotechnology Centre di Kota Columbus, Ohio, Amerika Serikat, di salah satu laboratoriumnya tengah dilakukan serangkaian penelitian yang terkait dengan buah jeruk nipis. Waktu ditanyakan ke salah seorang peneliti senior di laboratorium itu urgensi dari penelitian tsb., jawabnya sangat meyakinkan yaitu bahwa di antara sekian banyak jeruk, pada umumnya hanya kaya sebagai sumber vitamin (khususnya vitamin C), sejumlah mineral, dsb.

Ternyata, jeruk nipis mempunyai kelebihan lainnya, khususnya sebagai materi obat yang mempunyai banyak khasiatnya. Oleh alasannya ialah itu, jangan heran jikalau semenjak ribuan tahun lalu, baik di daratan Cina, di Timur Tengah (maksudnya di jazirah Arab) serta di tempat-tempat lainnya, juga di Indonesia, manfaat buah jeruk nipis sudah diketahui sangat banyak.

Khasiat dan manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan


Beberapa manfaat buah jeruk nipis yang secara umum sudah diketahui semenjak usang contohnya untuk:


  1. Manfaat jeruk nipis untuk Obat batuk. Umumnya, buah jeruk nipis dibelah, kemudian pada permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih, dipanaskan, kemudian perasan airnya diminum bersama air jernih alasannya ialah air jeruk nipis berfungsi sebagai pelancar dahak yang sanggup menjadikan batuk-batuk, hingga akan cepat sanggup dikeluarkan. Akibatnya, rasa batuk-batuk akan sanggup dikurangi. Ada pula yang mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan buah cengkeh, jikalau perlu ditambah gula-batu sedikit campur dengan air panas, sehabis melarut gres diminum. Ini pun keuntungannya akan sama menyerupai cara di atas tadi.
  2. Manfaat jeruk nipis untuk melemaskan rasa tegang pada otot, misal pada tangan, kaki, ataupun belahan lainnya, dengan cara: Air perasan jeruk nipis ditambah sedikit air, kemudian digosokkan hingga rata pada belahan yang dirasakan sakit atau tegang. Bahkan, ada pula air perasan buah jeruk ditambahkan ke dalam air hangat di dalam baskom kecil, kemudian dipakai untuk merendam kaki belahan bawah maka rasa pegal-pegal atau sakit akan hilang secepatnya.
  3. Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan rasa panas badan, terutama pada anak-anak. Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, dipakai untuk materi pengompresan maka rasa panas akan cepat hilang jikalau dibandingkan hanya dengan air tanpa campuran.
  4. Jeruk Nipis untuk Obat anti mabuk, yaitu sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air buah jeruk nipis, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan. Bahkan, bagi orang-orang tertentu hanya dengan mencium kedaluwarsa remasan kulit jeruknya saja sudah lebih dari cukup untuk menghilangkan rasa mabuk di perjalanan walau perjalanan jauh pun.
  5. Manfaat jeruk nipis untuk gangguan pada ketika buang air kecil maka meminum air perasan buah jeruk nipis ditambah gula kerikil sedikit semoga tidak terlalu asam, ternyata banyak manfaatnya. Bahkan, kepenatan yang sering dialami oleh seseorang alasannya ialah terlalu banyak memakai ”otaknya” dengan cara ini pun akan banyak membantu untuk meringankan.
  6. Di lingkungan masyarakat Jawa, banyak ibu-ibu yang memakai air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan ”mengeringkan” peranakan sehabis melahirkan dengan cara mencampur air perasan dengan kapur sirih, kemudian dijadikan parem, serta dibalurkan ke belahan perut selama 40 hari. Bahkan, ada pula yang kemudian membiasakan meminum air perasan buah jeruk tsb. yang dicampur sedikit garam, sedikit kapur sirih dengan air hangat.
  7. Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan kedaluwarsa keringat, kedaluwarsa ketiak, serta kedaluwarsa badan lainnya. Air perasan buah jeruk nipis banyak membantu dengan cara mencampurkan perasan itu dengan sedikit kapur sirih, kemudian dijadikan obat gosok ke belahan tubuh yang menghasilkan kedaluwarsa tsb.


Masih segudang manfaat lainnya dari air perasan buah jeruk nipis di dalam kehidupan insan sehingga oleh para pakar pengobatan tradisi diberi julukan ”buah dengan beribu manfaat”.

Karena selain sebagai materi berguna obat, perasan air jeruk nipis juga dipakai untuk menghilangkan kedaluwarsa bau akhir ikan ataupun senyawa lainnya pada gelas, piring, tempat-tempat lainnya, atau pada tangan sehabis membersihkan ikan. Juga untuk mengilapkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya lagi banyak dipakai larutan yang mengandung air perasan buah jeruk nipis.

Bahkan sebelum beredar ”deterjen pemutih” terhadap pakaian alasannya ialah terkena tinta atau materi berwarna lainnya, banyak anggota masyarakat yang menambahkan terlebih dahulu air perasan buah jeruk nipis kepada noda-noda tsb. sebelum dicuci dengan hasil semua noda akan hilang dan pakaian tetap menjadi putih bersih.

Juga banyak petani buah-buahan yang akan merendam beberapa ketika buah-buahan hasil kebunnya menyerupai jeruk, mangga, ataupun apel di dalam air yang dicampur dengan air perasan buah jeruk nipis. Hasilnya, untuk beberapa usang di dalam penyimpanan, buah-buahan itu akan terbebas dari adanya serangan noda yang sanggup menurunkan nilainya.

Terakhir, tradisi pembuatan ragi untuk tape di beberapa tempat, selain memakai adonan tepung beras ketan, air tebu, dsb., juga ada penambahan cairan yang mengandung perasan buah jeruk nipis. Hasilnya, selain ragi tsb. akan lebih baik untuk ”mengfermentasi” (meng hasilkan tape) ketela atau beras ketan menjadi tape atau peuyeum jikalau dibandingkan dengan ragi lainnya tanpa kehadiran/tambahan air perasan buah jeruk nipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar