Senin, 16 Desember 2019

Beberapa Makanan Penyebab Diabetes

Ternyata, selain pola hidup dan keturunan, penyakit diabetes juga diketahui disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bahkan faktanya, jumlah penderita penyakit diabetes yang disebabkan oleh factor keturunan tergolong sedikit apabila dibandingkan mereka yang sakit tanpa memiliki garis penyakit tersebut di dalam keluarganya.

Sebenarnya, penyakit diabetes disebabkan oleh pankreas yang mengalami gangguan sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal. Bahkan, pada kasus yang sudah tergolong parah, pankreas yang merupakan organ penghasil hormon insulin sudah tidak lagi mampu memproduksi hormon tersebut dalam jumlah yang cukup. Perlu diketahui pula bahwa hormon insulin adalah salah satu jenis hormon yang sangat penting, berfungsi sebagai pengatur metabolisme dan kadar glukosa di dalam darah.



Penyebab dan Ciri- Ciri Penyakit Diabetes
Ada beberapa macam penyebab terjadinya penyakit diabetes atau juga lazim disebut sebagai kencing manis ini, yakni :

Faktor keturunan
Mengalami kegemukan atau obesitas yang biasa dialami saat usia memasuki 40 tahun ke atas
Menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi
Memiliki tingkat atau kadar triglyceride yang terlalu tinggi. Triglyceride adalah salah satu jenis molekul lemak
Memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh
Terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan instan yang tidak sehat
Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat
Mengalami gangguan atau kerusakan pada sel pankreas
Kurang olah raga dan gaya hidup yang buruk
Stress

Terjadinya gangguan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh mengakibatkan tubuh kurang mendapatkan asupan energi dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Hal itulah yang menyebabkan umumnya penderita penyakit ini terlihat lemah, lesu dan letih. Akan tetapi, gejala yang umumnya dirasakan atau dialami oleh penderita penyakit kencing manis adalah :

Banyak buang air kecil pada malam hari
Mudah merasa haus sehingga banyak minum
Mudah merasa lapar sehingga banyak makan
Mudah merasa lelah dan sering mengantuk
Penglihatan sedikit kabur
Sering merasa pusing dan mual
Koordinasi gerak anggota tubuh mengalami gangguan
Mengalami penurunan berat badan secara terus menerus
Sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki

Jenis Makanan Penyebab Diabetes
Menurut penelitian para ahli di negara maju, salah satu penyebab paling umum terjadinya penyakit kencing manis adalah konsumsi makanan penyebab diabetes yang terlalu tinggi. Meski tidak memiliki keturunan penyakit diabetes di dalam keluarganya, seseorang bisa memiliki potensi untuk terserang apabila mengkonsumsi terlalu banyak makanan tertentu penyebab diabetes. Jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan diabetes antara lain :

Nasi Putih. Nasi adalah makanan pokok sebagian besar penduduk negeri ini. Namun ada baiknya kita membatasi mengkonsumsi nasi putih karena mengandung terlalu banyak karbohidrat yang nantinya bakal diubah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Minuman Manis. Asupan gula yang terlalu tinggi akan menyebabkan kadar gula di dalam darah juga tinggi. Segelas minuman manis rata – rata mengandung 250-300 kkal. Oleh karena itu, ada baiknya kita menggantinya dengan air putih atau mengurangi konsumsinya agar penyakit diabetes tidak menyerang.

Mie. Mie mengandung banyak karbohidrat sederhana. Maka dari itu, apabila kita mengkonsumsinya dalam jumlah besar setiap hari, resiko diabetes akan datang.
Makanan manis. Permen, coklat, jeli, roti manis, snack dan yang lain umumnya mengandung banyak gula. Kadar gula yang terlalu banyak di dalam darah akan meningkatkan resiko terserang penyakit kencing manis.

Selain makanan, gaya hidup yang buruk juga memegang peranan penting menjamurnya penyakit diabetes. Maka dari itu, mulai saat ini, mari kita giatkan kembali olahraga, pastikan cukup istirahat dan sebisa mungkin kurangi atau hindari makanan penyebab diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar