Jumat, 22 November 2019

Ibu Hamil Harus Tahu Beberapa Mitos yang Biasa Beredar


Menjadi ibu hamil sangatlah kompleks karena harus memperhatikan dirinya sendiri dan sang janin. Mulai dari membiasakan diri menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi asupan nutrisi yang lengkap dan baik, menjaga pola istirahat sampai berolahraga yang aman untuk ibu hamil. 



Ibu hamil juga perlu melengkapi asupan nutrisi sehari-harinya dengan memperhatikan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan DHA dan otak janin. Tapi, tak hanya itu, ada pula beberapa mitos yang seringkali dihadapi oleh ibu hamil, meski tidak diketahui betul fakta dibaliknya. Penasaran dengan apa saja mitos yang biasa dihadapi oleh para ibu hamil? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Minum susu kulit bayi putih, minum kopi kulit bayi gelap

Selain menjaga makanan selama fase kehamilan, ibu hamil juga perlu menjaga minuman yang dikonsumsinya agar tetap terhindrasi. Minuman seperti susu dianggap baik bagi ibu hamil karena memiliki nutrisi yang tinggi dan bisa melengkapi kebutuhan nutrisi sang ibu dan sang janin. 
Sementara kopi perlu dihindari karena kandungan kafein yang tidak sepenuhnya berguna untuk sang ibu dan sang janin.

Sayangnya, teori tersebut tidak sepenuhnya berlaku di masyarakat karena banyak yang percaya mitos dibanding fakta. Sebagian besar orang masih mengira bahwa minum susu bisa membantu bayi agar bisa memiliki kulit yang putih sementara minum kopi dapat membuat kulit jadi gelap. Padahal, tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut sama sekali.

Minum kopi menandakan kelahiran bayi

Kopi mungkin menjadi minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang saat ini. Tapi bagi ibu hamil, kopi bukanlah minuman yang wajib dikonsumsi terutama jika tidak terlalu dibutuhkan. Sayangnya, banyak mitos yang menyebutkan bahwa minum kopi merupakan suatu pertanda bahwa kelahiran bayi akan segera tiba.

Selain diperkirakan kelahiran bayi semakin dekat, minum kopi juga diafiliasikan dengan warna kulit sang bayi nantinya. Padahal, kopi sama sekali tidak mempengaruhi warna kulit sang bayi maupun kapan sang bayi terlahir nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan ke dokter atau bidan terdekat mengenai hari perkiraan lahir dibanding mempercayai mitos yang tidak jelas dasar penelitiannya apa.

Itulah 2 mitos yang seringkali didengar oleh ibu yang tengah mengandung. Lengkapi pengetahuan Anda dengan rutin membaca info kesehatan terbaru di sumber yang terpercaya dan membeli obat untuk berjaga-jaga seperti promo obat muntaber bayi di goapotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar