Sabtu, 12 Oktober 2019

Pilih Catering Pernikahan atau Masak Hidangan Sendiri?


Ketika memiliki budget terbatas namun ingin menggelar sebuah resepsi pernikahan, untuk masalah catering Anda memiliki dua pilihan. Pilih memasak sendiri atau menggunakan catering pernikahan murah.



Dua hal ini tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihan, serta memerlukan berbagai pertimbangan matang sebelum memutuskannya. Beberapa orang mungkin lebih memilih menggunakan layanan catering, karena dinilai lebih cepat.

Pilih Masa Sendiri atau Menggunakan Vendor?

Berikut perbandingan memasak hidangan sendiri dan mempercayakannya pada vendor catering, antara lain:

1.       Proses dan waktu
Anda serta pasangan mungkin mempunyai kesibukan yang begitu padat, bahkan ketika mempersiapkan pesta. Hal ini sering membuat pasangan mengambil keputusan memilih hal praktis, termasuk untuk urusan hidangan. Bila Anda mempunyai kesibukan yang padat, memilih menggunakan layanan catering menjadi opsi yang paling tepat.

Anda hanya perlu mencari informasi untuk mendapatkan catering yang terbaik. Pencarian informasi ini tak memerlukan waktu lama karena Anda dapat melakukannya di sela-sela kesibukan saat bekerja. Hanya perlu beberapa test food, Anda sudah dapat menemukan layanan yang tepat sesuai dengan harapan Anda.

2.       Biaya
Banyak orang yang menganggap catering memiliki harga yang mahal dan terkesan mewah. Padahal sekarang ini banyak catering pernikahan murah, dengan rasa lezat dan pelayanan “wah”. Saat memasak sendiri, berbagai menu yang ingin Anda sajikan harus dihitung dengan cermat dan tepat, mulai dari bahan hingga waktu proses pun juga harus dipertimbangkan. Sehingga, meskipun memasak sendiri terkesan lebih murah, namun Anda tetap harus menghitung semua secara mendetail.

3.       Menu dan rasa
Dengan menggunakan layanan catering, Anda dapat menyajikan berbagai menu yang sesuai keinginan, karena jasa catering merupakan seorang profesional serta ahli di bidang tersebut, Anda bisa memilih menu khas sesuai dengan keinginan dan meminta pihak jasa menyediakan menu tersebut.

Sedangkan, jika memasak sendiri. Hal ini sangat berisiko, karena Anda tak bisa memilih banyak menu. Rasa masakan juga belum tentu selezat seperti catering. Sehingga, pastikan berbagai menu makan dan rasa masakan terlebih dahulu saat Anda memilih memasak hidangan sendiri.

4.       Penyajian
Agar penampilan terlihat menarik di depan para tamu, konsep penyajian harus dipikirkan dengan baik. Konsep penyajian masakan bisa disesuaikan dengan tema. Anda bisa memilih konsep makanan langsung disediakan ke meja tamu, atau memilih konsep penyajian prasmanan.

Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan

Jika Anda lebih memilih menggunakan jasa catering pernikahan. Selain harga, berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain:

·         Tingkat kebersihan
Pastikan seluruh makanan yang disajikan higienis dan bersih. Jadi, di sini bukan hanya sembarang murah, namun berkualitas.

·         Penampilan tim catering
Penampilan terkadang mempengaruhi penilaian seseorang, bahkan berawal dari penampilan, cara kerja seseorang dinilai. Walaupun tidak bisa dipastikan hasil kerja sama dengan penampilannya, namun paling tidak penampilan dari tim catering begitu penting karena menjadi bagian dari image pernikahan.

·         Attitude
Ramah dan sopan menjadi bagian yang sangat penting dan tak boleh dilupakan karena, attitude ketika melayani tamu juga akan menjadi sorotan.

·         Sigap serta cekatan
Pastikan catering yang Anda pilih memiliki tim yang cekatan dan sigap. Sehingga saat acara berlangsung, semua tamu dapat dilayani dengan baik.

Memilih memasak hidangan sendiri atau memilih mempercayakannya pada catering pernikahan murah memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Namun, Anda harus ingat, jika saat mengadakan pesta pernikahan, bukan hanya hidangan saja yang harus Anda urus, namun juga berbagai persiapan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar