Senin, 07 Oktober 2019

Perawatan Tali Pusat Bayi, Perlukah Pakai Pembungkus Seperti Ayu Dewi?

Selebriti Ayu Dewi melahirkan anak ketiganya. Beberapa perkataan serta doa mengalir untuk Ayu serta putranya itu. Tetapi, salah satunya temannya memberi kantong steril untuk Air Susu Ibu Perah (ASIP) serta pembungkus tali pusat.



Salah satunya dokter pakar kandungan, dr Poedjo Hartono, SpOG(K), mengutarakan tidak ada perawatan atau alat spesial untuk tali pusat bayi yang baru lahir. Dia menjelaskan, membungkusnya dengan kasa biasa atau kasa steril cukup sudah, serta tidak ditutup juga tidak jadi masalah.

"Tali pusat itu sebetulnya tidak harus ditutup atau dibungkus, ditambah lagi memakai alat seperti itu. Umumnya dengan kasa serta dibasahi cairan netral saja cukup sudah.

dr Poedjo menerangkan, tali pusat pada bayi berperan untuk menyalurkan darah dari ibu ke anak waktu dalam kandungan, seperti dalam pembuluh darah. Sesudah bayi lahir, tali pusat diapit untuk menghalangi keluarnya darah dari sang ibu.

"Waktu baru lahir, tali pusat dahulu itu di ikat, tetapi saat ini diapit. Ini dikerjakan supaya darah yang mengalir dari ibu ke bayinya tidak keluar. Ya jika keluar anaknya kehabisan darah dong," katanya.

"Ya jika tidak berperan, tali pusat akan jadi kering, pembuluh darahnya akan tertutup serta terlepas dari badan bayi. Itu berlangsung dengan sendirinya kok, tidak ada perlakuan terutamanya. Pada akhirnya ya jadi puser seperti saat ini," tambah dr Poedjo.

Untuk waktu pengeringan serta pelepasannya, sebetulnya beragam sampai memang sungguh kering. Menurut dr Poedjo, cukup perlu waktu sepanjang 5 sampai satu minggu supaya betul-betul lepas dari badan bayi. Bila waktu yang diperlukan lebih dari itu, dr Poedjo menyarankan untuk selekasnya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perlakuan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar