Minggu, 15 September 2019

Apakah Perlu Mencuci Pakaian Bayi dengan Deterjen Khusus?


Mempunyai bayi mengharuskan anda untuk siap dengan segala keperluan yang dibutuhkan oleh si bayi. Mulai dari memperhatikan asupan gizi/makanan hingga perawatan pada tubuhnya, baik peralatan mandi, bahan dari pakaiannya, dan juga produk deterjen khusus baju bayi yang digunakan untuk mencucinya.



Apakah Harus Menggunakan Deterjen Khusus?

Tapi, apakah menggunakan deterjen khusus diperlukan untuk mencuci pakaian bayi? Beberapa dari anda mungkin tidak terlalu memperhatikan produk deterjen yang biasa digunakan selama ini. Tetapi ketika memiliki bayi, anda menyadari bahwa tidak semua produk deterjen baik untuk kulit bayi. Sehingga banyak dari anda berpikir harus menggunakan deterjen terbaik untuk baju bayi.
Sebenarnya, anda bisa menggunakan deterjen khusus untuk menghindari alergi tertentu akibat kulit bayi yang sensitif. Biasanya bayi yang mengalami alergi terhadap deterjen tertentu, akan timbul beberapa gejala seperti:

  • Sering timbul bintik merah pada permukaan kulit.
  • Gatal-gatal
  • Kulit mudah kering


Oleh sebab itu, gunakan deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran namun tidak mengandung zat pewangi dan pewarna yang berlebihan. Sebab produk deterjen seperti itu cenderung lebih aman untuk kulit bayi anda.

Tips Mencuci Pakaian Bayi yang Tepat

Tidak hanya memilih produk deterjen yang tepat saja untuk mencuci pakaian bayi, tetapi anda juga harus memperhatikan cara mencucinya. Hal ini dikarenakan anda tidak bisa sembarangan untuk mencuci pakaian yang digunakan oleh si kecil. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada si bayi.

Berikut ini ada beberapa tips dalam mencuci pakaian bayi dengan tepat:

  • Anda harus memisahkan pakaian yang terkena kotoran atau noda dengan yang tidak terkena noda atau kotoran. Tujuannya busa dibersihkan terlebih dahulu supaya tidak mengenai baju lainnya.
  • Sebaiknya anda merendam pakaian si bayi menggunakan air dengan suhu tepat. Usahakan menggunakan air panas dan lakukan perendaman pakaian selama 10 hingga 15 menit sebelum anda mencuci.
  • Gunakan sabun cuci cair pakaian bayi yang tidak memiliki zat kimia, seperti Sleek Baby yang aman digunakan untuk mencuci perlengkapan bayi. Hal ini dimaksudkan agar kulit bayi tidak alergi dan iritasi, namun tetap memberikan kelembutan dan harum pada pakaiannya.
  • Keringkan baju di bawah sinar matahari agar tidak lembap dan tumbuh jamur.


Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar pakaian bersih dan kulit bayi tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar