Jumat, 23 Agustus 2019

5 Penyebab Sering Berkeringat Berlebihan


Berkeringat merupakan kondisi yang wajar dialami oleh semua orang, karena berkeringat merupakan proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Pada umumnya, keringat mengandung natrium klorida, melati fenol, dan kresol. Normalnya, Anda akan berkeringat apabila melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga. Namun, jika suatu waktu Anda mengalami keringat berlebih tanpa adanya aktivitas, maka perlu diwaspadai.



Penyebab Keringat Berlebihan

Biasanya keringat Anda akan keluar apabila melakukan aktivitas yang menguras tenaga, seperti makan makanan pedas, demam, emosi tertentu, olahraga, dan lain sebagainya. Beberapa orang mungkin merasakan keringat berlebihan tanpa adanya sebab yang muncul saat malam hari, siang hari, atau pagi hari. Nah, hal yang seperti ini wajib diwaspadai karena sering diklaim respons atas penyakit atau penyebab tertentu. Untuk mengetahui penyebabnya yuk simak uraian di bawah ini!

  1. Konsumsi Obat
Apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, mungkin produksi keringat akan ikut bertambah lantaran efek dari obat tersebut. Obat dengan kandungan antibiotik tertentu, obat tekanan darah, obat psikiatris, dan bahkan suplemen dapat menyebabkan tubuh Anda bereaksi dengan mengeluarkan keringat secara berlebihan. Mungkin ini wajar, namun perlu diwaspadai apabila terjadi dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kelenjar Tiroid yang Hiperaktif
Kelenjar tiroid tumbuh di leher yang berbentuk seperti kupu-kupu. Apabila kelenjar ini memproduksi hormon tiroksin cukup tinggi, maka metabolisme akan meningkat. Peningkatan metabolisme ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih panas dan mengeluarkan keringat berlebih. Keringat yang keluar dengan penyebab tersebut berfungsi menetralkan suhu tubuh.

  1. Penyakit Kronis
Beberapa penyakit kronis dapat membuat suhu tubuh Anda meningkat dan menyebabkan keluarnya keringat berlebihan. Di antara penyakit itu ialah kanker, paru-paru, dan jantung. Orang dengan penyakit jantung akan mengeluarkan keringat berlebihan pada siang dan malam hari. Hal ini disebabkan organ jantung yang bekerja lebih ekstra dalam memompa darah melalui pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

  1. Leukemia
Mungkin sebagian Anda mengetahui penyakit leukemia sebagai jenis kanker darah yang bisa memproduksi dan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi. Yup, hal itu benar! Orang dengan leukemia biasanya mengeluarkan keringat berlebihan pada malam hari. Penyebabnya karena tubuh Anda berusaha melawan sel kanker sehingga harus bekerja lebih ekstra lagi.

  1. Hyperhidrosis
Hyperhidrosis adalah disfungsi pada sistem saraf pusat yang menyebabkan tubuh menghasilkan keringat berlebihan. Dalam hal ini, orang yang mengalami keringat berlebihan di diagnosa secara umum oleh dokter mengalami hyperhidrosis. Banyak orang yang mengalami kondisi ini, yang terlihat berkeringat pada area tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kemudian orang yang stress serta mengalami kegugupan dapat memperparah hyperhidrosis ini.

Nah, demikianlah beberapa penyebab tubuh Anda mengeluarkan keringat berlebih. Mungkin saat pertama kali mengalami ini Anda akan menganggapnya wajar. Sebisa mungkin Anda mewaspadainya, karena ditakutkan terdapat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti kendala penyakit kronis atau hal lainnya. Dengan mewaspadainya, Anda dapat segera mengatasinya secara reaktif.

Untuk mengatasi produksi keringat yang berlebihan ini dapat dengan cara mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna agar peredaran darah Anda kembali normal. Bisa juga dengan menggunakan antiperspiran berbentuk roll-on, spray, dan lotion. Anda juga dapat mengonsumsi obat yang menghambat kelenjar keringat. Cara-cara mengatasi keringat berlebihan ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan keadaan tubuh Anda sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar