Kamis, 05 September 2019

Trik Sembunyikan Jerawat, Wajah Jadi Lebih Mulus

Punya kulit wajah yang flawless jadi dambaan banyak orang. Sayangnya, karena beberapa faktor seperti hormon, polusi hingga gaya hidup dapat memicu munculnya jerawat.

Jika tidak ditangani dengan tepat, jerawat bakal meninggalkan noda kehitaman hingga scar yang mengurangi kemulusan kulit.



Seringkali kemunculan jerawat juga tidak terhindarkan, terutama saat PMS. Para wanita pun mencari cara cepat untuk menyembunyikan jerawat. Makeup jadi cara andalan untuk menyamarkan jerawat secara instan. Lalu, seberapa banyak sih, makeup yang perlu dipakai untuk menutupi jerawat?

Pertama, hindari aplikasi terlalu banyak makeup. Tidak perlu berlebihan menggunakan makeup, cukup gunakan concealer. Penting perhatikan tekstur dan jenis concealer, agar daya cover lebih maksimal. Paling oke, concealer dalam tekstur yang lebih padat. "Pilih concealer yang dikemas dalam jar. Karena kemasan jar biasanya konsentrasi krimnya pekat sehingga lebih bisa menutupi jerawat. Jangan yang runny (cair)." kata Vinna belum lama ini.

Gunakan beauty blender atau spons bersih untuk meratakan concealer. Tepuk secara perlahan hingga membaur di kulit, jangan digosok.

Tahap selanjutnya, gunakan alas bedak atau BB cream yang ringan untuk menutup permukaan jerawat. Pilih produk khusus untuk kulit yang rentan berjerawat. Beberapa merek juga sudah menyertakan formula yang 'bersahabat' untuk kulit acne prone.

Produk makeup yang water based juga bisa dipilih, karena biasanya tidak menutup pori-pori wajah. Hindari produk yang oil based atau mineral based, sebab bisa menutup jerawat dan memperparah peradangan. Sebisa mungkin, kulit harus tetap bisa bernapas saat ber-makeup agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Tidak kalah penting, tangan harus bersih saat mengaplikasikan makeup agar tidak memperburuk kondisi jerawat.

Yang perlu diingat, "Concealer dan produk kosmetik lainnya itu hanya membantu menyamarkan,  tidak menghilangkan jerawat”, lanjut Vinna. Sebagus apa pun teknik makeup Anda, tidak bisa menyembunyikan jerawat secara sempurna karena tekstur jerawat akan tetap terlihat.

Jadi yang terpenting adalah mengobati jerawat. Vinna pun memberikan saran terakhirnya, "Jangan terlalu tebal menggunakan produk makeup. Dan yang terpenting adalah menyembuhkan jerawat dengan menggunakan skincare atau datang ke dokter ahli."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar