Selasa, 25 Juni 2019

Trick Hunting Tiket Pesawat Murah


Pada saat 6 tahun yang lalu tepat nya tahun 2013, hampir semua maskapai penerbangan memberikan harga tiket yang murah. Kami pernah menemukan tiket dengan harga Rp 320.000 untuk rute tiket pesawat medan ke Jakarta, dengan menggunakan Citilink dan Rp 360.000 untuk rute Jakarta ke Bali dengan Air Asia.

Akan tetapi itu dahulu, saat sekarang ini tepatnya ketika Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah mengeluarkan aturan mengenai batas batas terendah harga tiket pesawat kepada maskapai dan maskapai memberikan harga tiket ke penumpang nya, untuk mendapatkan harga tiket Rp 350.000 untuk rute Medan ke Jakarta bisa dibilang mustahil, bahkan apabila ada promo. Bahkan di saat sekarang ini maskapai maskapai penerbangan sangat jarang sekali memberikan promo, tidak seperti yang dulu.



Akan tetapi walaupun tidak ada nya promo, bukan bearti kita tidak berkesempatan menemukan tiket yang murah. Penulis yakin, kita akan tetap bisa menemukan harga tiket pesawat yang murah, asalkan kalian tahu caranya. Di kesempatan ini kita akan berbagi sedikit Trick agar kita bisa mendapatkan tiket secara murah.

1.       Tentukan tujuan kita

Tujuan kita dalam berpergian juga menentukan saat waktu yang tepat dalam membeli tiket agar bisa menemukan harga paling murah. Apabila rute yang kita pilih yaitu rute yang paling banyak dilayani oleh maskapai, seperti ke Surabaya, Yogyakarta, Singapura, Bali, Kuala Lumpur dan lain lain, maka dari itu kira kiranya harus pintar dalam membaca harga, itu disebabkan harga yang fluktuatif. Nah apabila kita sudah mendapatkan harga yang kita piker harga termurah yang bisa kita temukan, maka saran penulis agar membeli tiketnya padaa saat itu juga.

Akan tetapi apabila rute yang kita pilih yaitu rute yang tidak dilayani oleh maskapai ber rute “ramai” contoh seperti Banda Aceh, Banjarmasin Belitung dan juga Tanjung Pinang, maka kapanpun kita membeli tiketnya, baik itu satu bulan, dua bulan, satu minggu, maupun 3 hari sebelum keberangkatan, harga tiket tidak akan mengalami perubahaan yang signifikan atau dibilang harga akan tetap sama. Dikarenakan yang melayani rute seperti ini biasanya maskapai penerbangan menerapkan yang disebut system year-round fare yang ber arti harga tiket akan sama di sepanjang tahun, tetapi ada pengecualian di saat hari hari besar contoh pada saat liburan , lebaran dll.

2.       Memperhatikan pilihan maskapai

Selain memilih rute tujuan kita, yang tidak kalah penting adalah maskapai yang melayani rute tujuan kita. Akan sering kali harga tiket lebih murah jika kita memesan nya pada jauh jauh hari, dan harga akan naik jika dipesan dalam beberapa hari sebelum keberangakatan kita. Malahan kadang harga tiket yang full service lebih muranh dibandingkan LCC , apabila kita membeli tiket LCC di saat hari yang berdekatan dengan keberangkatan.

Tips bila kita menggunakan maskapai Lion Air, sering seringlah kita dalam melihat harga tiket, dikarenakan pengalaman penuli, yaitu Lion Air merupakan salah satu maskapai yang sering kali harga tiket nya berubah ubah. Dalam 1 hari Lion Air bisa berubah harga 1 sampai 3 kali, bisanya di malam hari, siang hari dan pagi hari. Apabila kita sering memantau harganya kita akan bisa tahu trennya mau kemana.

Nah itulah sedikit trick untuk mendapatkan tiket yang murah, semoga kita bisa selalu mendapatkan harga tiket yang murah dan terjangkau, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya, sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar